Operasi Bongkar Bangunan Liar di Sungai Cidepit Dimulai! Pemkot Bogor Siap Perbaiki TPT, Posyandu Ikut Kena Imbasnya?

Pemkot dan PSDA Akan Kembalikan Fungsi Sungai Cidepit di Gang Makam, Kelurahan Cilendek Barat, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor.

Sorotrakyat.com | Kota Bogor – Aliran Sungai Cidepit di Gang Makam, Kelurahan Cilendek Barat, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor, Jawa Barat, bagaikan terlahir kembali. Dahulu, sungai ini terkesan kumuh dan sempit, dikepung bangunan liar yang tak ramah lingkungan. Kini, berkat kegigihan Pemkot Bogor dan sinergi dengan berbagai pihak, Sungai Cidepit di Gang Makam mulai menunjukkan pesonanya.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bogor, Syarifah Sofiah, turun langsung meninjau lokasi pada Kamis (20/6/2024) untuk memastikan progres perbaikan tembok penahan tanah (TPT) berjalan sesuai rencana. Beliau didampingi oleh Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), Rena Da Frina, Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Hidayatulloh, camat dan lurah.

banner 325x300

Lebih dari sekadar perbaikan TPT, proyek ini merupakan langkah awal dalam mentransformasi Sungai Cidepit menjadi ruang publik yang sehat dan aman. Normalisasi sungai dengan mengembalikan lebarnya menjadi 11 meter menjadi fokus utama. Hal ini tak lepas dari kekhawatiran akan bahaya longsor yang mengintai warga di sekitar sungai.

“Memang, sejak awal perbaikan ini tidak dianggarkan oleh PSDA Jawa Barat. Karenanya, dilakukan pergeseran anggaran,” jelas Syarifah. Beliau menambahkan, “Beberapa bangunan di sepanjang sungai perlu digeser, termasuk posyandu, demi mengembalikan fungsi sungai dan meningkatkan keselamatan warga.”

Upaya persuasi telah dilakukan Pemkot Bogor untuk menjalin komunikasi dengan para pemilik bangunan. Hasilnya, mereka sepakat untuk merelokasi bangunannya. “Proses pembongkaran bangunan liar akan segera dilakukan sambil menunggu dimulainya pembangunan TPT pada bulan Agustus,” terang Syarifah.

Metamorfosis Sungai Cidepit di Gang Makam tak hanya berfokus pada aspek fisik. Penataan kawasan ini pun menjadi bagian tak terpisahkan. Kehadiran ruang publik yang tertata rapi dan asri diharapkan dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat sekitar.

Baca Juga:  Peringati HPN 2022, Atang Apresiasi Kehadiran Wartawan Ditengah Pandemi

“Kita ingin mengubah stigma negatif Gang Makam menjadi kawasan yang tertata dan asri,” ujar Syarifah penuh optimisme. “Sungai Cidepit yang sehat dan aman akan menjadi kebanggaan warga dan ikon baru Kota Bogor.”

Proyek ini merupakan bukti nyata komitmen Pemkot Bogor dalam mewujudkan Kota Bogor yang berkelanjutan. Sinergi dengan berbagai pihak, termasuk masyarakat, menjadi kunci utama dalam mewujudkan mimpi tersebut.

Transformasi Gang Makam menjadi simbol harapan bagi masa depan yang lebih baik. Sungai Cidepit yang dulu kumuh kini menjelma menjadi sungai sehat dan asri, siap menjadi ruang publik yang bermanfaat bagi masyarakat.
(DR) .

Editor & Penerbit: Den.Mj

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *