Delegasi Nebraska Kunjungi Kota Bogor: Misi Perdagangan Tempe dan Peluang Baru!

Kota Bogor Sambut Baik Misi Perdagangan dari Nebraska

Sorotrakyat.com | Kota Bogor – Delegasi perdagangan yang berasal dari negara bagian Amerika Serikat, Nebraska berkunjung ke Kota Bogor. Beranggotakan lebih dari 20 orang, mereka datang membawa misi perdagangan. 

PT Azaki Food Internasional yang terletak di Kecamatan Curug, Bogor Barat menjadi tempat yang dikunjungi oleh para delegasi. Rombongan yang dipimpin langsung oleh Letnan Gubernur Nebraska, USA, Joe Kelly langsung disambut oleh jajaran Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor, Dinas Koperasi Usaha Kecil, Menengah, Perdagangan & Perindustrian Kota Bogor, beserta CEO dan para staf dari PT Azaki Food Internasional. 

banner 325x300

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil, Menengah, Perdagangan & Perindustrian Kota Bogor, Firdaus mengungkapkan bahwa jumlah Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kota Bogor saat ini lebih 48.000 pelaku usaha.

“Dari jumlah UMKM tersebut, 65 merupakan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah yang sudah berhasil ekspor (termasuk di dalamnya PT. Azaki Food Internasional),” ucap Firdaus, Jumat (19/7/2024).

Ia menambahkan, untuk meningkatkan perekonomian, Pemkot Bogor selalu membina para pelaku usaha yang ada, tanpa tebang pilih. 

“Upaya Pemkot Bogor dalam memajukan para pelaku usaha diantaranya memotivasi dan memfasilitasinya. Dengan harapan para pelaku usaha dapat mandiri, berkembang dan dapat bersaing di pasar internasional,” ucap Firdaus. 

Nilai ekspor tempe PT. Azaki Food Internasional dari tahun 2021 sampai dengan triwulan I Tahun 2024 tercatat sebesar US$ 1.131.023,28 (satu juta seratus tiga puluh satu ribu dua puluh tiga koma delapan dua US Dolar), dengan negara tujuan ekspor ke lima negara yaitu: Jepang, Korea Selatan, Taiwan, Hongkong, dan Amerika Serikat dengan Jepang sebagai pasar terbesar dengan nilai ekspor diatas US$ 500.000.

Baca Juga:  Bangun Kemandirian Daerah, Bogor Selatan Maksimalkan Potensi Wilayah

“Hal ini cukup menggembirakan bagi Kota Bogor, dikarenakan salah satu produk tempe dengan berbagai inovasinya (tepung tempe) sudah masuk ke pasar internasional,” ungkap Firdaus. 

Di lokasi yang sama, Wakil Gubernur Nebraska, USA, Joe Kelly, mengungkapkan kebahagiaannya bisa hadir di Kota Bogor. Terlebih dirinya melihat bahwa semua staf di PT Azaki Food Internasional berusaha keras menghadirkan produk tempe terbaik. Hal ini sejalan dengan tujuannya. 

“Kami memiliki tujuan yang sama, yaitu menyediakan makanan sehat di pasar dunia, kami ingin memastikan bahwa makanan tersebut aman, pasokannya terjamin, dan kami ingin menghasilkan produk terbaik,” ucap Joe. 

“Saya bisa langsung melihat bahwa kalian di sini berusaha keras untuk menghasilkan produk terbaik. Kami sangat senang berada di sini bersama anda untuk tujuan tersebut,” sambung Joe. 

Joe menilai Nebraska dan Indonesia memiliki peluang besar untuk memperluas hubungan. Sebab, ia melihat standar tinggi yang dimiliki oleh PT Azaki Food Internasional. 

“Ini membuat kombinasi antara Nebraska dan Indonesia menjadi semakin sempurna. Kami sangat menantikan kerjasama ini,” ungkap Joe. 

Sebagai informasi, total nilai ekspor Kota Bogor dari UMKM (tahun 2023) sebesar US$ 8.530.259,50. Persentase angka ini yaitu 7,32 % dari total nilai ekspor tahun 2023 sebesar US$ 125.022.760,50 (seratus dua puluh lima juta dua puluh dua ribu tujuh ratus enam puluh koma lima kosong US Dolar). Terdiri dari kopi, kapuk, alat pertanian, ekoprint, batik, health care, otomotif, home decor, teh, tempe, dan lainnya.

Sementara itu, total nilai ekspor Kota Bogor tahun 2023 dari perusahaan besar sebesar US$ 116.492.501,42, terdiri dari komoditi ban, jaket, obat, minuman, furniture, pakaian jadi, benang, kripik singkong, dan alat makan dari plastik. (Red)

Baca Juga:  Intruksi Panglima TNI: Tingkatkan Pengamanan dan Pengawasan Terhadap Prajurit Berperilaku Aneh

Editor & Penerbit: Den.Mj

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *