Dedie dan Danrem 061/SK Tinjau Penyuntikan Masyarakat di Markas Yonif 315/Grd

Sorotrakyat.com | Kota Bogor — Kegiatan proses vaksinasi bagi masyarakat terus digulirkan dan hingga saat ini sudah puluhan ribu masyarakat khususnya di Kota Bogor yang sudah mendapat penyuntikan vaksin demi memutus rantai penyebaran Covid-19. Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A. Rachim bersama Danrem 061 Suryakencana, Brigjen TNI Achmad Fauzi meninjau langsung proses vaksinasi yang digelar di Markas Yonif 315 Garuda, Pada Kamis (8/7/2021).

Danrem 061/SK, usai bersama-sama meninjau proses vaksinasi mengatakan, hingga saat ini sudah ada sekitar 28.000 penyuntikan vaksin kepada masyarakat dari berbagai sumber pendataan. Ada yang melalui aplikasi, maupun lewat Babinsa dan Koramil setempat.

banner 325x300

“Ada juga masyarakat yang datang sendiri dan dilihat mereka sangat antusias. Mereka ada yang datang jam 3 dan jam 4 pagi hanya ingin untuk divaksinasi. Artinya, masyarakat semakin banyak yang timbul kesadaran untuk melaksanakan vaksinasi,” kata Achmad Fauzi.

Sambungnya, selain masyarakat umum, peserta vaksin yang datang hari ini juga dihadiri dari unsur alumnus dan civitas akademisi. Baik dari Institut Pertanian Bogor (IPB) University maupun dari Universitas Ibnu Khaldun (UIKA). Sehingga melalui mereka, Danrem berharap bisa menarik masyarakat untuk vaksinasi.

“Karena kepentingan dan manfaat vaksinasi itu sangat luar biasa. Dalam rangka menimbulkan kekebalan imunitas, kekebalan kelompok, dan kekebalan masyarakat. Kita berharap paling tidak di Kota Bogor 85 persen masyarakat bisa melaksanakan vaksinasi,” ungkap Achmad Fauzi.

Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) beserta unsur lainnya juga menyampaikan pesan kepada masyarakat untuk bersama – sama mendukung pelaksanaan serbuan vaksinasi nasional yang sedang dilaksanakan.

Danrem menjelaskan, rata – rata setiap hari Korem 061 Suryakencana melaksanakan sekitar 2.500 lebih penyuntikan vaksin. Dengan jumlah itu memang, Danrem mengakui bahwa adanya keterbatasan jumlah tenaga kesehatan (nakes).

Baca Juga:  Tanda Bakti Satgas Bangun Tugu TMMD ke 111 di Titik Nol Lokasi

“Mungkin kalau tenaga kesehatan kita banyak, kita bisa laksanakan target 4.000 sampai 5.000 (penyuntikan perhari). Memang kendala yang jelas contoh khusus Kota Bogor ada hampir 400 tenaga kesehatan kita terpapar (Covid-19). Artinya mengurangi kekuatan yang ada untuk melaksanakan vaksinasi,” ujarAchmad Fauzi.

Masih ditempat yang sama, Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A. Rachim mengatakan, secara keseluruhan saat ini Kota Bogor sudah ada 168.000 warga yang sudah divaksin dari target 960.000 warga. Dedie juga berterima kasih atas kontribusi Korem 061 Suryakencana dalam mempercepat proses vaksinasi di Kota Bogor.

“Jadi capaian kita baru di kisaran 28 persen. Dengan tambahan kekuatan, tenaga, dan tempat yang diberikan oleh Korem ini Insya Allah akan menambah jumlah dari capaian fokus masyarakat yang divasksin. Sehingga akan tercapai Herd Immunity,” ucap Dedie.

Ada yang menarik kata Dedie, pelaksanaan vaksinasi di Yonif 315 oleh Korem 061 Suryakencana dalam rangka Bela Negara. Gotong royong bersama untuk mempercepat program vaksinasi massal demi memutus rantai penyebaran Covid-19.

Ditambahkan Dedie, proses percepatan vaksinasi ini, memang masih terkendala jumlah tenaga kesehatan. Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor sendiri, sudah membuka lowongan untuk 200 lebih nakes. Namun karena cukup langka, saat ini baru hampir 40 nakes yang sudah terpenuhi.

“Jadi inilah kendala kita, tapi dengan upaya yang dilakukan untuk nakes ini mudah – mudahan dapat segera kita percepat,” harapnya . (Red)

Editor & Penerbit : Den.Mj

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *