Dinsos Revitalisasi TMP Dreded Rp 960 Suguhkan Ornamen Pahlawan Nasional dan Bogor

Sorotrakyat.com | Kota Bogor – Monumen Taman Makam Pahlawan (TMP) Dreded yang baru saja rampung direvitalisasi menampilkan Ornamen Pahlawan Nasional dan Bogor.

Ornamen Jenderal Sudirman dan Mayor Oking bersama Kapten Muslihat terpampang di monumen yang baru saja diresmikan Danrem 061/Suryakancana, Brigjen TNI Achmad Fauzi dan Wali Kota Bogor, Bima Arya, Rabu (10/11/2021).

banner 325x300

Sebelum diresmikan, terlebih dahulu digelar Upacara Ziarah Nasional Makam Pahlawan yang diikuti Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A. Rachim, unsur Muspida Kota Bogor dan jajaran Pemkot Bogor.

Apresiasi diungkapkan perwakilan dari keluarga pejuang yang dimakamkan di TMP Dreded. Erwin Gunawan, cucu dari salah satu personil Pasukan Pengaman Presiden (Paspampres) presiden pertama Indonesia, Soekarno, almarhum Mayor CPM (Purn) Acep Sumanang yang wafat pada tahun 2000.

“Alhamdulillah sekarang Monumen TMP Dreded sudah lebih baik dibanding sebelumnya yang menurut saya sudah terlalu tua. Perawatan tetap berjalan namun seiring berjalannya waktu, setelah bertahun-tahun kondisinya terlihat kerusakan di banyak titik. Sekarang kondisinya sudah mantap banget, lebih menggambarkan semangat perjuangannya,” kata Erwin.

Pada tampilan terbaru, pada dua sisi bagian utama monumen dibuat gambar pahlawan dengan menggunakan bahan tembaga. Menurut Erwin, tampilan tersebut menjadikan TMP Dreded lebih bagus dibandingkan TMP Kalibata Jakarta.

Kepala Bidang (Kabid) Data dan Penyuluhan Sosial Dinsos Kota Bogor, Okto Muhammad Ikhsan menuturkan, peresmian TMP berjalan lancar. Pemilihan gambar Jenderal Sudirman dan Mayor Oking bersama Kapten Muslihat sesuai arahan Dandim 0606 Kota Bogor untuk mengusung pahlawan nasional dan pahlawan lokal Kota Bogor.

Menurutnya, revitalisasi monumen TMP Dreded dilatarbelakangi kondisinya yang terlihat dinilai sudah tidak sesuai dan sudah mengalami banyak kerusakan. Kemudian Pemkot Bogor melalui Dinas Sosial (Dinsos) merevitalisasi menggunakan konsep yang baru.

Baca Juga:  Pangdam III/Siliwangi Apresiasi Penanganan Covid-19 di Kota Bogor

“Konsep yang dimaksud kita menghadirkan dengan nuansa taman tanpa menghilangkan nilai-nilai budaya yang sudah ada, dimasukkan juga unsur kujang didalamnya. Pada umumnya monumen taman makam pahlawan,” kata Okto.

Proses revitalisasi dimulai sekitar empat bulan yang lalu dengan pagu anggaran nilai kontrak berdasarkan hasil lelang kurang lebih sebesar Rp 960 juta dan rampung empat hari jelang Hari Pahlawan pada 6 November 2021.

Untuk pengembangan ke depan Okto menambahkan, nama-nama pahlawan yang dimakamkan di TMP Dreded akan ditambah di pagar depan ketika proses renovasi nanti. Untuk gambar yang menjadi ornamen baru, Okto menjelaskan tema yang digunakan diserahkan kepada Kodim 0606 Kota Bogor.

“Fasilitas lain akan dibangun, mulai dari rumah singgah yang dilengkapi dengan perpustakaan dan lukisan para pahlawan agar para generasi muda lebih mengenal para pahlawan yang dimakamkan di TMP Dreded,” katanya. (Red)

Editor & Penerbit: Den.Mj

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.