ABK Kapal AS yang Positif Covid-19 Dibantu Bakamla RI

Sorotrakyat.com | Natuna – Sebuah kapal kargo dengan nama lambung MV. True Marine melaporkan salah satu ABK nya terpapar Covid-19 dan membutuhkan pertolongan di perairan Natuna, kemarin, 15 Januari 2022.

Laporan awal diterima Basarnas Natuna yang kemudian diteruskan kepada Kepala Stasiun Pemantauan Keamanan dan Keselamatan Laut (SPKKL) Natuna Letkol Bakamla Muchlis.

banner 325x300

Menyikapi laporan yang diterima, Letkol Bakamla Muchlis langsung melaksanakan tracking menggunakan dasboard Vessel Security Bakamla RI guna mengetahui posisi kapal dengan pasti.

Tim SAR gabungan yang terdiri dari personel SPKKL Natuna, Basarnas Natuna, Dinas Kesehatan Natuna, TNI AL, Satpolair dan Imigrasi langsung melaksanakan operasi Medivac menggunakan unsur KN SAR Sasikirana.

Tim SAR gabungan bergerak dari pelabuhan penagi menuju MV. True Marine yang berlabuh pada koordinat 04°0’17.22″ N – 108°27’49.56″ T.

Setibanya, tim medis dari Dinas Kesehatan Natuna langsung melaksanakan pemeriksaan terhadap ABK kapal yang terpapar covid-19. Diketahui ABK tersebut atas nama Ebrahem Manon (27) berjenis kelamin laki-laki warga negara Syria.

Berpakaian APD lengkap tim medis melaksanakan test PCR dan memberikan pertolongan dengan memberikan oksigen dan obat-obatan.

ABK kapal MV. True Marine tidak dapat diturunkan ke daratan Natuna dengan alasan akan menimbulkan kekuatiran masyarakat Natuna yang saat ini kondisi Natuna adalah Zero Covid-19. 

Setelah mendapatkan bantuan medis, MV. True Marine melanjutkan pelayarannya menuju China. (3)

Editor & Penerbit : Den.Mj

Baca Juga:  Para Siswa dan Guru Berburu Jaringan Internet di Area Makorem 174/ATW

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *