Letjen TNI  I Nyoman Cantiasa Beri Pengarahan Kepada Para Perwira TNI di Merauke

Sorotrakyat.com | Merauke – Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan III (Pangkogabwilhan III) Letjen TNI I Nyoman Cantiasa, S.E, M.Tr(Han) memberikan pengarahan kepada para Komandan Satuan dan para Perwira TNI dari satuan TNI AD, TNI AL dan TNI AU di wilayah Kabupaten Merauke Papua, bertempat di Aula L.B Moerdani Makorem 174/ATW Merauke, Senin (25/7/2022).
 
Pangkogabwilhan III beserta rombongan saat berkunjung di Makorem disambut langsung  Kasrem 174/ATW Kolonel Inf Frits Wilem  Rizard Pelamonia  beserta seluruh staf dan para Dansat/Balakdisjan jajaran Korem 174/ATW.
 
Dalam arahannya Letjen TNI I Nyoman Cantiasa menyampaikan bahwa sebagai Pangkogabwilhan III yang memiliki wilayah meliputi 4 Provinsi yaitu Maluku, Maluku Utara, Papua dan Provinsi Papua Barat.

“Saya ingin melihat langsung dan mengetahui masalah yang ada, saran dan rencana yang akan dilaksanakan ke depan serta yang harus dipertanggungjawabkan baik dalam Operasi Militer Perang (OMP) dan Operasi Militer Selain Perang (OMSP), sebagai penangkal dan pemulih apabila ada permasalahan keamanan,” ujarnya.

“Ada kejadian apapun di Papua adalah tanggungjawab kita semua, apa yang menjadi langkah-langkah dan upaya kita tentang tanggungjawab keamanan khususnya di wilayah yang cukup luas ini,” tegasnya.
 
Penanganan Papua dan Papua Barat sesuai  dengan perundangan yang ada tidak mengambil kewenangan instansi lain, status wilayah Papua bukan Daerah Operasi Militer (DOM) tetapi tertib sipil, penguasa ada  pada pemerintah daerah setempat. Sesuai  Instruksi Presiden nomor 9 tahun 2010 tentang percepatan pembangunan Papua, tugas TNI harus mendukung pembangunan agar bisa berjalan dengan lancar.
 
Kepada para Komandan Satuan dan prajurit, Jenderal bintang tiga tersebut berharap, “agar protap-protap dan regulasi di satuan masing-masing harus jelas, peran perwira kepada anggotanya harus betul-betul dilaksanakan jangan sampai prajurit tidak mengerti apalagi lengah, pembinaan personel menjadi atensi,” harapnya.
 
Pada kesempatan itu Pangkogabwilhan juga mengajak kepada para perwira untuk membangun Papua dan jangan tinggalkan tanah Papua dengan air mata. Selain itu  mengingatkan kepada para Komandan Satuan dan para perwira agar melaksanakan apa yang menjadi perintah Panglima TNI terutama upaya ketahanan pangan harus digalakkan.
 
Diakhir pengarahannya Letjen TNI I Nyoman Cantiasa mengucapkan terimakasih kepada prajurit  yang telah melaksanakan tugas operasi dengan baik di wilayah Papua Selatan. Perwira hebat adalah perwira-perwira yang bisa melaksanakan tugas di tempat yang tersulit dan terlahir dari situasi yang terjelek.
 
Usai pengarahan dilanjutkan penyerahan cinderamata dari Pangkogabwilhan III  kepada para Komandan Satuan dari tiga matra (kepada Danrem 174/ATW diterima oleh  Kasrem, Danlantamal-XI Merauke dan kepada Danlanud J.A. Dimara Merauke) serta foto bersama. (Red)

Editor & Penerbit : Den.Mj

Exit mobile version