Tasyakuran Hari Koperasi Nasional ke-75, #Ayoberkoperasi

Sorotrakyat.com | Kota Bogor – Adaptasi, edukasi, kolaborasi, transparansi dan ekspansi menjadi lima agenda besar yang perlu dilaksanakan agar koperasi bisa terus berjalan konsisten sesuai dengan semangat Bung Hatta, Bapak Koperasi Indonesia dan sesuai dengan perkembangan zaman.

Hal ini ditekankan Wali Kota Bogor, Bima Arya saat Tasyakuran Hari Koperasi Nasional ke-75 Tahun 2022 Tingkat Kota Bogor di UIKA Bogor, Jalan Sholeh Iskandar, Kedung Badak, Kecamatan Tanah Sereal, Kamis (28/7/2022).

banner 325x300

“Tantangan koperasi saat ini adalah kembali ke jati diri. Koperasi bukan korporasi, koperasi itu membantu yang lemah bukan membantu yang kuat, koperasi itu bersama bukan bersaing, koperasi membantu yang buntung bukan mencari untung,” kata Bima Arya.

Bima Arya menjelaskan, selama masa pandemi yang mampu bertahan adalah yang mampu melaksanakan penyesuaian atau adaptasi masuk ke marketplace dengan digitalisasi.

Edukasi menjadi hal penting untuk menjaga semangat atau nilai dari koperasi. Sebab, dalam prosesnya koperasi tidak bisa sendiri, harus berkolaborasi.

“Salah satunya yang dicontohkan Pak Kapolresta, Marbot Mart itu kolaborasi,” katanya.

Berikutnya adalah transparansi. Menurut Bima Arya, hal penting berikutnya yang memungkinkan anggotanya tahu arah koperasi yang diikutinya.

Terakhir, koperasi itu tidak bisa stagnan tetapi juga harus agresif agar bisa ekspansi dengan cara mencermati tren yang ada. Salah satunya sesuai dengan tema ekonomi yang berkelanjutan. Green Economy menjadi usaha yang terkait dengan lestari lingkungan hidup tapi menguntungkan.

“Misalnya maggot atau mengelola sampah yang saat ini menjadi ‘cuan’. Dari masalah menjadi berkah itu banyak contohnya, tinggal dibuat koperasinya. Ini yang saya maksud dengan ekspansi, mampu melihat peluang-peluang,” paparnya.

Deputi Bidang Perkoperasian Kementerian Koperasi dan UKM, Ahmad Zabadi dalam sambutannya mengapresiasi tinggi kepada Pemkot Bogor atas penyelenggaraan acara tasyakuran.

Baca Juga:  Prima Founder Records & Publishing Bangkitkan Lagu Anak Indonesia Lewat Rilis 12 Artis STARKIDZ 2022

Tasyakuran Hari Koperasi Nasional ke-75 Tahun 2022 Tingkat Kota Bogor sebagaimana yang disebutkan Kepala Dinas Koperasi UKM, Perdagangan dan Perindustrian Kota Bogor, Ganjar Gunawan merupakan tindak lanjut himbauan Menteri Koperasi dan UKM melalui Surat Edaran Menteri Koperasi dan UKM Nomor 36 Tahun 2022 tentang Peringatan Hari Koperasi Ke-75 Tahun 2022 kepada dinas di tingkat provinsi, kabupaten dan kota untuk mendukung dan menyukseskan peringatan HUT Koperasi di seluruh daerah dengan penguatan kembali koperasi untuk ikut ambil peranan dalam pemulihan ekonomi setelah masa pandemi.

Dengan tema Transformasi Koperasi Untuk Ekonomi Berkelanjutan dengan hastag #Ayoberkoperasi. Beberapa kegiatan dalam rangka memeriahkannya telah dilaksanakan baik oleh instansi pemerintah terkait maupun pihak terkait lainnya.

Diantaranya penilaian koperasi berkualitas 917 koperasi di Kota Bogor yang menghasilkan 4 koperasi berkualitas, yaitu KPRI Beriman, Primkoppol Polresta Bogor, Koperasi Jamaah Al Fallah dan Koperasi Pengayoman Lapas Bogor.

Untuk penilaian koperasi berprestasi ada 5, yakni Koperasi PT CAS, Koperasi Jambu Dua, KPRI Mitra Industri, Koperasi Pengayoman Lapas Bogor dan Koperasi SIT Aliyah.

“KPRI Beriman adalah satu-satunya koperasi pada tahun 2022 yang mendapatkan fasilitas Lembaga Pembiayaan Dana Bergulir dari Kemenkop UKM sebesar Rp 4,9 Miliar. Pada tahun 2021 Koperasi Pasar Jambu Dua mendapat dana serupa sebesar Rp 1 Miliar,” kata Kepala DinKUKM Dagin Kota Bogor, Ganjar Gunawan.

Acara juga dihadiri Rektor Universitas Ibnu Khaldun Bogor, Prof Endin Mujahidin. Dalam sambutannya ia mengapresiasi kerja sama UIKA Bogor dengan DinKUKM Dagin Kota Bogor dalam membentuk entrepreneur muda.

Selain itu ada perwakilan Dinas Koperasi Provinsi Jawa Barat, Ketua Dekopin Kota Bogor, Ade Sarip Hidayat, Kapolresta Bogor Kota, Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro yang menerima Penghargaan Bakti Koperasi sebagai tokoh inspiratif dengan dedikasi dan dukungannya terhadap pemberdayaan koperasi.

Baca Juga:  Presiden: Harga Sembako di Pasar Airmadidi Minahasa Utara kondisinya stabil

Primkoppol Polresta Bogor berhasil mewujudkan sebanyak 44 gerai Marbot Mart di 44 masjid jami yang tersebar di Kota Bogor melalui program Polisi Sahabat Marbot. (Red)

Editor & Penerbit : Den.Mj

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *