Launching Website JDIH Kota Bogor, Kapus JDIH : Mudah, Cepat dan Akuntabel

Sorotrakyat.com | Kota Bogor – Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor melalui Bagian Hukum dan HAM Setda Kota Bogor melaksanakan grand launching website Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum (JDIH) Kota Bogor.

Wali Kota Bogor, Bima Arya bersama Kepala Pusat JDIH Nasional Kemenkumham, Nofli dan Kepala Bank BJB Cabang Bogor, M.Aditya Wiradharma secara simbolis melaunching website JDIH Kota Bogor di Paseban Sri Bima, Balai Kota Bogor, Senin (1/8/2022).

“Apresiasi saya atas inisiatif yang telah dilakukan, ini tentu bukan awal karena ada kebutuhan untuk mengintegrasikan di aplikasi-aplikasi yang lain dan yang utama harus user friendly bagi warga yang membutuhkan. Semoga sistem yang terbangun ini dapat terus dilanjutkan untuk menjaga kondusifitas pembangunan mental dan kesadaran berbangsa, bernegara sesuai Pancasila dan UUD 1945,” kata Bima Arya.

Penyebarluasan informasi hukum yang akurat di Kota Bogor melalui JDIH sudah dilakukan dua kali berturut-turut sejak tahun 2020 dan mendapat apresiasi dari Kantor Wilayah Kumham Jawa Barat dengan predikat Terbaik 1.

Menurut Bima Arya, untuk lebih meningkatkan layanan informasi produk hukum daerah, layanan bantuan hukum gratis bagi warga serta layanan informasi dokumen kebijakan, inovasi yang dilakukan pada portal website JDIH ditambahkan fitur-fitur baru berupa pendampingan hukum, pengajuan produk hukum daerah yang lebih cepat, transparan dan terintegrasi dengan Biro Hukum Provinsi. Fitur lainnya adalah perpustakaan elektronik yang berisi jurnal dan kebijakan terbaru di Kota Bogor.

Website JDIH Kota Bogor yang dilaunching menurut Kapus (Kepala Pusat) JDIH Nasional Kemenkumham, Nofli salah satu cara dalam mengintegrasikan data yang menginduk pada Biro Hukum Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

“Tadi saya sudah melihat secara langsung terkait apa yang dilakukan Bagian Hukum dan HAM. Melalui website JDIH Kota Bogor, masyarakat tidak perlu lagi datang untuk bertemu dengan pejabat terkait, bisa langsung buka webnya dan klik regulasi mana yang ingin dilihat atau dibutuhkan secara mudah, cepat dan akuntabel,” kata Nofli.

Kepala Bank BJB Cabang Bogor, M.Aditya Wiradharma pada kesempatan tersebut menyerahkan bantuan pengembangan dan integrasi JDIH sebesar Rp 50 juta. Aditya sapaannya menyatakan, website JDIH Kota Bogor memberikan kemudahan baginya dalam melakukan sesuatu maupun dalam menyesuaikan dengan kebijakan-kebijakan di Kota Bogor.

“Kami mengapresiasi dengan kolaborasi yang terjalin. Pada saat ada produk dari Bagian Hukum di Kota Bogor akan sangat baik bagi kami dalam melakukan sesuatu sehingga tidak bertentangan dengan produk hukum, terutama Peraturan Wali Kota,” kata Aditya. (Red)

Editor & Penerbit : Den.Mj

Exit mobile version