Forum U20 Apresiasi Gerakan Bogor Berkebun

Sorotrakyat.com | Bandung – Dalam konferensi internasional Urban20 (U20) Wali Kota Bogor Bima Arya menjadi pembicara. U20 merupakan pertemuan outreach group yang bertujuan untuk membawa masalah perkotaan ke garis depan agenda G20. Forum ini diselenggarakan di Bandung, (3/8/2022).

Konferensi ini mengangkat tema ‘meningkatkan ketahanan pangan kota dan menciptakan pekerjaan masa depan melalui urban farming yang berbasis budaya dan teknologi’.

Bima Arya diminta memaparkan mengenai kesuksesan Kota Bogor lewat gerakan urban farming ‘Bogor Berkebun’ untuk menciptakan ketahanan pangan mandiri pada masa pandemi.

“Ada pertumbuhan signifikan jumlah kelompok tani di Kota Bogor sejak gerakan Bogor Berkebun ini diluncurkan. Saat ini, tercatat sudah ada 330 kelompok pertanian, peternakan hingga perikanan. Program ini tidak saja diikuti antusias oleh petani, tapi juga generasi muda, mahasiswa atau pelajar yang mengisi kegiatan produktif di masa pandemi,” ungkap Bima Arya.

Selain untuk mengisi waktu, urban farming ini juga mampu menghasilkan pundi-pundi rupiah karena bisa menambah pendapatan bagi yang kehilangan pekerjaan. “Tahapan pasca panennya juga kita pikirkan dengan melibatkan pihak lain sebagai penyaluran hasil panen. Misalnya ada Toko Tani Indonesia, pasar tradisional, Asosiasi Pasar Tani dan mobil tani keliling,” ujar Bima.

Bima Arya berharap, gerakan urban farming bisa lebih masif lagi meski pandemi sudah perlahan melandai dan menuju normal. “Saya juga menekankan secara khusus pentingnya anak-anak muda menekuni urban farming ini. Karena food producer perlu juga di regenerasi, bukan saja posisi-posisi pemerintahan dan pengusaha, tetapi juga untuk memastikan ketahanan pangan yang kuat perlu ada regenerasi dan perlu kerjasama dengan anak-anak muda di berbagai kota,” jelasnya.

Atas apa yang disampaikan Bima Arya tersebut, Head of The Milan Urban Food Policy Pact (MUFPP) Secretariat, Filippo Gavazzeni, memberikan medali penghargaan kepada Bima Arya sebagai tanda persahabatan dan kerjasama luar biasa.

U20 merupakan forum bagi para pemimpin pemerintah daerah kota-kota U20, diantaranya untuk melakukan aksi terhadap iklim global dan pembangunan berkelanjutan kepada para pemimpin nasional. Komitmen dan pesan dari U20 dibagikan terhadap Presidensi G20 dan kepala negara. (Red)

Editor & Penerbit : Den.Mj

Exit mobile version