Demo Tolak Wisata Glow, Forum Perduli KRB dan Ratusan Budayawan Gruduk Balaikota Bogor

Sorotrakyat.com | Kota Bogor – Aksi penolakan adanya wisata glow di Kebun Raya Bogor (KRB), kembali mencuat pasca terlihat kembali aktivitas wisata malam oleh Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) melalui kuasa kepada pihak ketiga dalam hal ini PT Mitra Natura Raya (MNR).
 
Bukanya kembali tempat wisata malam Glow ini membuat geram ratusan budayawan yang tergabung dalam Forum Peduli Kebun Raya Bogor (KRB) dan Aliansi Komunitas Budayawan mendatangi kembali menggruduk dan melakukan aksi damai di depan Balaikota Bogor pada Jum’at (26/08/22).
 
Terpantau ratusan massa aksi dengan tagline ‘Jum’at Keramat’, menyerukan jaga marwah Kebun Raya Bogor dan menolak kapitalisasi berkedok konservasi serta edukasi, dengan menyerahkan petisi berisi tuntutan 10 (sepuluh) Tuntunan Rakyat yang diterima oleh Wakil Walikota Bogor, Dedie A Rachim beserta forkopimda diantaranya Wakapolresta, Dandim 0606, Kakesbangpol dan Kadisparbud Kota Bogor.

Bukanya kembali tempat wisata malam Glow ini membuat geram ratusan budayawan yang tergabung dalam Forum Peduli Kebun Raya Bogor (KRB) dan Aliansi Komunitas Budayawan.

“Perihal penolakan aktivitas glow, pada dasarnya kami menerima semua aspirasi dan pemikiran dari teman-teman Forum Peduli KRB dan Aliansi Komunitas Budayawan, tapi kita selaku manusia yang memiliki etika dan karya karsa manusia dan tentu ini harus dilakukan dengan dialog yang cantik, karena masing-masing punya prinsip serta pendapat yang berbeda,” kata Dedie A Rachim didepan massa aksi Jum’at Keramat dari Forum Peduli KRB.
 
Permasalahan ini menurut Dedie, sudah menyita waktu yang cukup panjang, dan termasuk pihak Pemkot Bogor sudah meminta kepada pihak BRIN dan IPB untuk dilakukan kajian secara terbuka tentang Glow KRB ini.
 
Masih kata Wakil Wali Kota Bogor, “Silakan lakukan dengan cara dialog yang cantik dan indah dan prosesnya yang bisa mengakomodir semua kepentingan bersama. Dan hari ini saya terima petisi yang kesekian kalinya, dan tentunya sudah kita sampaikan, tapi kita tahu sendiri terbentur lapisan birokrasi, antar instansi dan tentu kita memang harus lakukan dengan cara yang tepat,” pinta Dedie.

banner 325x300
Peduli Kebun Raya Bogor (KRB) dan Aliansi Komunitas Budayawan.

Ditempat yang sama Sinta Aryana SH., MH., perwakilan Forum Peduli KRB menyampaikan, dirinya merasa bangga menjadi putri daerah dan sekaligus juga sedih terkait historikal dari Kebun Raya Bogor. Sebelumnya dirinya sudah mengkaji dan diskusi dengan tenaga ahli, ternyata banyak ditemukan pelanggaran-pelanggaran yang tidak berbasis konservasi yang terjadi dalam KRB.
 
“Kalau saya lihat tentang Glow bukan menjadi permasalahan hanya di kota bogor saja, tapi ini akan menjadi permasalahan di tingkat internasional, karena disini saya melihat adanya usaha-usaha praktek oligarki kapitalis dan ini harus kita berantas serta dihapuskan. Nah disinilah saatnya pihak Pemkot yang memiliki hak dan kewenangan untuk melakukan hal yang terbaik bagi warga Bogor,” tegas Sinta.
 
Hal senada Firman Hidayat, yang juga Korlap aksi ini memaparkan, pihaknya juga sama menginginkan situasi aman dan kondusif tentunya, tapi pihaknya tidak keberatan dengan proses riset terkait glow ini, tapi yang disayangkan ini ada kepentingan bisnis atau komersil yang sangat jelas faktanya.
 
“Sangat mirisnya lagi, ketika sudah terjadi penjualan tiket bagi wisata malam ini dan ternyata mayoritas pengunjungnya adalah dari luar bogor dan mereka berpasang-pasangan lagi. Kami tidak pernah mempersalahkan tentang risetnya, tapi justru disini telah terjadi peluang kerusakan moral, kemaksiatan dan tentu inilah yang harus kita jaga serta diperjuangkan supaya tidak terjadi di KRB,” geram Firman.

Baca Juga:  Arus Balik dan Libur Lebaran di Kota Bogor, Peningkatan Hingga 100 persen
Serah terima Surat pernyataan sikap dan Sepuluh Tuntunan Rakyat

Dalam Aksi unjuk rasa, Didi Ponidi salah satu perwakilan Forum Peduli KRB membacakan pernyataan sikap dan 10 Tuntunan Rakyat.
Pernyataan Sikap :

  1. Menolak dengan tegas adanya wisata malam glow di KRB
  2. Mengembalikan marwah kebun raya bogor
  3. Menolak kapitalisasi berkedok konservasi
     
    Dan inilah 10 tuntutannya :
     
    1.Meminta Walikota Bogor untuk menutup permanen wisata glow sesuai Kepres No 86 tahun 2002 tentang pengelolaan lingkungan hidup.
    2.Meminta Walikota Bogor menggunakan Perwali No 7 terkait penyelesaian konflik sosial dengan adanya dampak wisata glow
    3.Meminta Walikota Bogor mematuhi stabilitas negara.
    4.Meminta Walikota Bogor mengembalikan fungsi KRB menjadi hutan riset dan konservasi yang edukatif.
    5.Meminta Walikota Bogor mematuhi hasil riset dan kajian oleh IPB yang bersifat netral dibanding hasil dari BRIN.
    6.Menutup wisata malam glow dan mencabut ijin dari PT MNR.
    7.Meminta Walikota Bogor menggunakan Perda No 65 terkait hak dan kewajiban kepala daerah.
    8.Kembalikan rasa nyaman warga Bogor terkait polemik KRB.
    9.Prioritaskan keamanan nasional dengan keberadaan Presiden RI yang berada di dalam KRB.
    10.Kembalikan pengelolaan KRB kepada negara. (Red)

Editor & Penerbit : Den.Mj

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *