Program Gekssor Upaya Cegah Stunting di Kabupaten Bandung

Sorotrakyat.com | Bandung – Sejumlah anak-anak balita dengan kategori stunting serta beberapa Ibu hamil dihadirkan dalam kegiatan Gerakan Konsumsi Sayuran, Susu dan Telor (Gekssor) di Halaman Kantor Kepala Desa Mekarmanik Kecamatan Cimenyan Kabupaten Bandung, Kamis (20/10/22) siang.

Tanpa kecuali tujuh ibu hamil juga dihadirkan pada kegiatan Gekssor, sebagai upaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung melalui Dinas Pertanian dalam upaya mendukung pencegahan stunting di Kabupaten Bandung.

banner 325x300

dalam giat tersebut Anak-anak balita dengan kategori stunting serta ibu-ibu hamil mendapatkan bantuan makanan tambahan berupa sayuran, susu dan telur dari Dinas Pertanian Kabupaten Bandung yang secara simbolis diserahkan langsung oleh Ketua TP PKK Kabupaten Bandung Hj. Emma Dety Dadang Supriatna

Sebelum sesi pemberian makanan tambahan, Emma Dety memberikan edukasi dan pemahaman kepada para orang tua yang memiliki balita dan ibu-ibu hamil agar memperhatikan asupan gizi makanan dalam upaya pencegahan stunting. Selain itu merubah pola makan dengan memperhatikan sayuran, susu dan telur.
Emma Dety mengatakan, program Gekssor ini merupakan inovasi Dinas Pertanian dalam upaya pencegahan stunting di Kabupaten Bandung.

Dalam kesempatan tersebut Ketua TP PKK Kabupaten Bandung memberikan pemahaman kepada ibu-ibu yang memiliki anak dengan kategori stunting dan mengajak kepada para ibu-ibu untuk melakukan upaya pencegahan stunting.
“Kami berharap ibu-ibu yang memiliki anak kategori stunting untuk merubah pola makan. Di antaranya, memberikan makanan, sayuran, susu dan telur dan vitamin lebih banyak,” harapnya.

Selanjutnya Emma Dety pun akan memantau perkembangan anak-anak yang masuk kategori stunting, setelah program Gekssor ini digulirkan di Desa Mekarmanik.
“Anak-anak kategori stunting bisa diberikan makanan telor pada pagi, siang dan sore. Minimal sehari dua butir telor kepada anak-anak tersebut,” katanya.

Baca Juga:  Wamenkes dan Dedie Rachim Bahas Pengembangan RSUD Kota Bogor

Sementara itu, Dinas Pertanian Kabupaten Bandung melalui Kabid Penyuluhan Ir. Yayan Agustian, M.Si., mengatakan stunting merupakan suatu kondisi pertumbuhan anak yang tidak sesuai dengan usianya. “Ini untuk pencegahan stunting, terutama untuk ibu hamil untuk diberikan kecukupan makanan yang mengandung zat besi, vitamin, dan memperbanyak sayuran seperti bayam dan ssebagainya serta berkecukupan protein” kata Yayan.

Ditambahkan oleh Yayan bahwa Program Gekssor ini merupakan inovasi pertama di Indonesia, yang dilaksanakan di Kabupaten Bandung.
“Silahkan cek google, program cegah stunting di Kabupaten Bandung ini diharapkan bisa diikuti oleh masyarakat khususnya di Kabupaten Bandung, dan umumnya masyarakat di Indonesia. Hari ini kita membagikan 110 paket sayuran dan makanan bergizi untuk ibu hamil dan balita,” katanya. (Red)

Editor & Penerbit : Den.Mj

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *