Kodim Batang Persiapkan Lahan Demplot Padi Protani Seluas 2 Ha

Sorotrakyat.com | Batang – Dalam rangka mendukung Program Unggulan Ketahanan Pangan dari Pemerintah, Kodim 0736/Batang selain malakukan penananam jagung, pisang dan cabe. Saat ini Kodim 0736/Batang sedang melaksanakan pembajakan lahan sawah (olah lahan) dengan menggunakan traktor roda dua, Kamis (4/05/23).

Lahan seluas 2 Ha yang berlokasi di Desa Kalibeluk Kecamatan Warungasem Kab. Batang milik Kepala Desa Kalibeluk siap untuk dijadikan lahan Demplot padi Kodim 0736/Batang dengan varietas Protani.

Padi protani merupakan bibit padi varietas baru dari Korem 071/Wijayakusuma yang diberikan ke Kodim-Kodim Jajaran Korem 071/Wijayakusuma.

Kegiatan penyiapan lahan berupa pembajakan lahan sawah yang di mulai sejak hari Senin yang lalu dengan didampingi Batiwanwil Pelda Sudirman, Praka Danny dan pemilik lahan Kades Kalibeluk Kec. Warungasem.

Lahan sawah yang lebih dari 3 tahun tidak pernah ditanami jenis komoditas apapun dikarenakan terkendala saluran irigasi yang terhalang oleh proyek jalan Tol Batang – Semarang.

Demi memperjuangkan para petani, anggaran Program Hanpangan yang bersumber dari DD (Dana Desa) tahun 2022 dialokasikan untuk membuat irigasi perpipaan dengan menyerap anggaran lebih dari 200.000.000,- (Dua ratus juta rupiah).

“Kita berharap dengan adanya irigasi perpipaan ini dapat mendukung kebutuhan air para petani di Desa Kalibeluk untuk kesejahteraan warga,” ucap Muthobi Kades Kalibeluk. (Red)

Editor & Penerbit : Den.Mj

Exit mobile version