Panglima TNI Lantik 33 Perwira PSDP PNB TNI TP 2020 dan 350 Perwira Prajurit Karier TNI TA 2023, “TNI Garda Terdepan Benteng Terakhir Kedaulatan Bangsa”

Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M. saat melantik 33 Perwira PSDP PNB  TNI TP 2020 dan 350 Perwira Prajurit Karier TNI TA 2023, di Stadion Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (9/8/2023).

Sorotrakyat.com | Jakarta – TNI menjadi garda terdepan sekaligus benteng terakhir kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Harapan, wajah, dan masa depan TNI terletak di pundak para prajurit semuanya. Untuk itu, jadikan sikap tanggap, tanggon, dan trengginas yang sudah dimiliki sebagai bekal awal dalam mengabdi secara total kepada Merah Putih, NKRI dan rakyat Indonesia.

Hal tersebut ditegaskan Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M. saat melantik 33 Perwira Prajurit Sukarela Dinas Pendek Penerbang (PSDP PNB)  TNI TP 2020 dan 350 Perwira Prajurit Karier TNI TA 2023, di Stadion Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (9/8/2023).

banner 325x300

Panglima TNI menyampaikan dengan keberhasilan dan kesuksesan ini, harus bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas anugerah yang telah diberikan dan berterima kasih serta memohon doa restu kepada orang tua dan keluarga agar siap melaksanakan tugas selanjutnya. “Kalian patut berbangga karena telah melewati tahapan awal sebagai bagian dari TNI dan kalian telah mengucapkan sumpah perwira. Hal itu mengandung konsekuensi bahwa Prajurit harus selalu siap untuk menunaikan kewajiban seorang Perwira terhadap bangsa dan negara,” jelasnya.

“Para Prajurit harus menegakan harkat dan martabat Perwira. Menjunjung tinggi Sumpah Prajurit dan Sapta Marga, mampu memimpin, dan menjadi teladan bagi anak buah, serta rela berkorban jiwa raga demi nusa dan bangsa,” pesan Panglima TNI.

Perlu disadari bersama bahwa tantangan tugas di masa mendatang akan semakin kompleks. Situasi geopolitik global yang tidak menentu dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sangat pesat menyebabkan potensi ancaman tidak hanya berkonsentrasi pada ancaman konvensional namun terus berkembang menjadi ancaman yang multidimensi.

“Seperti ancaman siber, biologis, kecerdasan buatan, dan ancaman lainnya yang bisa merongrong kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Hal ini menuntut kalian untuk terus mengisi diri, beradaptasi secara cermat, mengasah diri, terus berlatih, serta terus berinovasi untuk mendukung pelaksanaan tugas TNI,” kata Panglima TNI.

Baca Juga:  Menyambut HUT Jakarta Luminor Hotel Kota Adakan Batavia Food Festival dan Bazar Usaha UMKM

Panglima TNI mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Komandan Kodiklat TNI, Kodiklat AU, dan Gubernur Akademi Militer beserta jajaran termasuk kepada para pengasuh, pembina, pengajar, dan pelatih atas kerja kerasnya dalam menyelenggarakan pendidikan sampai dengan kelulusan yang dapat berjalan dengan baik, aman, dan lancar.

“Kepada orang tua dan keluarga, saya mengucapkan selamat atas dilantiknya putra putrinya menjadi Perwira TNI. Terima kasih atas dukungan kepada putra putrinya selama menjalani pendidikan. Demikian juga atas kerelaan, keikhlasan, dan doa restu Bapak Ibu sekalian kepada putra putrinya untuk mengawali pengabdian sebagai prajurit TNI kepada negara dan bangsa,” pungkasnya.

Adapun lulusan terbaik Perwira PSDP TNI TP 2020 yang menerima penghargaan TRISURA JALU WIRATAMA untuk Fixed Wing (Sayap Tetap) Letda Laut (P) Edwin Putra Kurniawan (TNI AL) dan Rotary Wing (Sayap putar) Letda Laut (P) Alshaer Ibrahim Moesa (TNI AL).

Sedangkan lulusan terbaik Perwira Prajurit Karier TNI TA 2023 yang menerima penghargaan TRISURA JALU WIRATAMA adalah Letda Caj Hiras Valentinus Manurung, S.PD. (TNI AD), Letda  Laut  (T) Argyantara Gigih Pradana, S.T. (TNI AL), Letda Sus Nurdin Satria Putra, S.SI. (TNI AU) dan Letda Caj Ade Ayu Putri Paratien, S.I.Kom. (Wanita TNI AD).

Dari 33 Perwira PSDP PNB TNI TP 2020 terdiri dari Matra Darat 10 personel pria, Matra Laut 20 personel pria serta Matra Udara 3 personel pria. Sedangkan 350 Perwira Prajurit Karier TNI TA 2023 terdiri dari Matra Darat 136 personel (Pria 115 dan Wanita 21), Matra Laut 136 personel (Pria 123 dan Wanita 13) serta Matra Udara 78 personel (Pria  62 dan  Wanita 16).

Sehari sebelumnya yakni  hari Selasa 8 Agustus 2023 di GOR Ahmad Yani Mabes TNI telah dilaksanakan Penutupan Pendidikan 33 Perwira Prajurit Sukarela Dinas Pendek Penerbang (PSDP PNB) TNI TP 2020 dan 350 Perwira Prajurit Karier TNI TA 2023.  Penutupan Pendidikan dipimpin oleh Komandan Komando Pembina Doktrin, Pendidikan dan Latihan (Dankodiklat) TNI Letjen TNI Eko Margiyono.  (Red)

Baca Juga:  Jokowi Ingin Kontingen Indonesia SEA Games Ke-31 di Vietnam Masuk Tiga Besar

Editor & Penerbit : Den.Mj

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *