Dedie Rachim Minta Pramuka Kota Bogor Dukung Program Pendidikan, Kesehatan dan Lingkungan

Sorotrakyat.com | Kota Bogor – Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Bogor, Dedie A. Rachim mengingatkan sinergitas gerakan pramuka dan Pemkot Bogor adalah satu keharusan untuk mendukung visi dan misi Kota Bogor sebagai kota yang layak bagi keluarga.

“Saya meminta jajaran Pramuka Kota Bogor untuk mendukung program pendidikan, kesehatan dan lingkungan di Kota Bogor sebagai program unggulan agar bisa membentuk masyarakat menjadi lebih baik lagi ke depan,” kata Dedie Rachim saat orientasi Kepramukaan di Aula SMK Analis Kimia Nusa Bangsa, Kecamatan Tanah Sareal, Rabu (20/9/2023).

banner 325x300

Dengan peranannya anggota pramuka diharapkan dapat membantu edukasi dan menyosialisasikan bagi seluruh masyarakat agar menyadari pentingnya menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan, membantu percepatan untuk memiliki septic tank sendiri.

Wakil Wali Kota Bogor ini menyebutkan, berdasarkan data Kecamatan Tanah Sareal, masih banyak rumah tangga di Tanah Sareal yang belum mempunyai septic tank sendiri. Hal ini menurutnya masih banyak orang yang belum paham dan tanggung jawab akan kebersihan dan kesehatan lingkungan, karena masih ada yang membuang kotorannya secara langsung ke sungai dan sebagian membuang ke sekitar saluran warga.

Di sisi lain, kondisi kekeringan yang disebabkan panas yang berkepanjangan akibat pemanasan global di Kota Bogor menyebabkan pasokan air baku sudah berkurang lebih dari 50 persen dan ketinggian SPAM bendung katulampa sebagai sumber air baku Kota Bogor di angka nol.

Tak hanya itu, fenomena kebiasaan membuang sampah ke sungai memberikan dampak ke masyarakat yang kesulitan dalam mendapatkan air bersih karena aliran air tersumbat.

Secara tegas Dedie menyampaikan menjadi tugas pramuka untuk berada di depan dalam menjaga lingkungan dan jangan menunggu atau mengandalkan orang lain.

Baca Juga:  Jokowi Lepas Pekerja Migran dengan Skema G to G ke Korea Selatan

“Saya minta sekolah-sekolah membudayakan dan menggalakkan kembali dalam menjaga kebersihan, mulai dari diri sendiri dan lingkungan, baik di rumah, masyarakat maupun di sekolah,” tegas Dedie dihadapan para jajaran Kwaran Tanah Sareal dan perwakilan gugus depan yang hadir.

Usai membuka kegiatan orientasi, Dedie Rachim berkesempatan meninjau kegiatan para anggota peserta dalam Perkemahan Bakti Satuan Karya Pramuka Bakti Husada (Pertinas SBH) ke-6 Tingkat Nasional Tahun 2023 di Kota Bogor, diantaranya di Kelurahan Ciwaringin dan Kelurahan Menteng. (Red)

Editor & Penerbit: Den.Mj

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *