Situ Cigayonggong, Situ Wisata Peninggalan Kolonial Belanda yang Kini Tertutup Eceng Gondok

Masyarakat Menanti Aksi Pembersihan dari Pemerintah

Sorotrakyat.com | Subang – Situ Cigayonggong yang terletak di Desa Kasomalang Wetan, Kecamatan Kasomalang, Kabupaten Subang, Jawa Barat, kini dalam kondisi memprihatinkan. Situ yang dibangun sejak zaman kolonial Belanda tersebut kini tertutup oleh eceng gondok.

Pantauan awak media di lokasi pada Sabtu, 2 Desember 2023, terlihat eceng gondok telah memenuhi seluruh permukaan air situ. Tanaman air tersebut tumbuh subur dan menutupi pemandangan di sekitar situ.

banner 325x300

Situ Cigayonggong memiliki luas sekitar 2,4 hektare dan berfungsi sebagai pengairan lahan pertanian dan kolam ikan milik masyarakat setempat. Situ ini juga sempat menjadi tempat Wisata Air, seperti pemancingan, Camp area, dan Wisata edukasi.

Keberadaan eceng gondok di Situ Cigayonggong tentu saja menjadi masalah bagi masyarakat setempat. Selain mengganggu pemandangan, eceng gondok juga dapat menghambat aliran air dan merusak ekosistem di sekitar situ.

Melihat kondisi tersebut, masyarakat berharap agar pemerintah segera mengambil tindakan untuk membersihkan eceng gondok di Situ Cigayonggong.

“Kami berharap Bupati Subang atau pihak pemerintah segera membersihkan eceng gondok ini. Situ Cigayonggong ini merupakan salah satu tempat wisata di Subang dan memiliki Nilai Historis tersendiri,” kata salah seorang warga setempat kepada awak media sorotrakyat.com yang enggan disebutkan namanya.

Ia juga mengatakan, bahwa masyarakat siap membantu pemerintah dalam upaya pembersihan eceng gondok tersebut.

“Kami siap membantu pemerintah membersihkan eceng gondok ini. Kami ingin Situ Cigayonggong kembali menjadi tempat wisata yang menarik,” ungkapnya.
(Andum Subekti)


Editor & penerbit: Den.Mj

Baca Juga:  BNPB Siap Relokasi Korban Longsor di Empang, Dedie Rachim Sampaikan Perkembangan Terbaru

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *