Kemandirian dan Wawasan, Bukan Alasan untuk Restui Anak Bawah Umur Kendarai Motor

Ratu Vici Madani Puteri Achadijat, Aktifis Ekskul MAN 1 KOTA BOGOR

Sorotrakyat.com | Kota Bogor – Ratu Vici Madani Puteri Achadijat, aktivis ekstra kurikuler MAN 1 Kota Bogor, menyoroti fenomena maraknya anak di bawah umur yang mengendarai sepeda motor. Ia menilai, restu orang tua untuk anak di bawah umur mengendarai motor tidak tepat, baik dari sisi kemandirian maupun wawasan.

“Sudah rahasia umum, banyak sekali korban atas keteledoran restu orang tua ini,” kata Vici kepada redaksi media sorotrakyat.com dalam tulisannya yang berjudul “Demi Kemandirian & Penambahan Wawasan: Tepatkah Restui Anak Bawah Umur Kendarai Motor”, 19 Januari 2024.

banner 325x300

Vici menjelaskan, anak di bawah umur secara umum belum bisa membedakan mana yang benar dan mana yang salah. Selain itu, mereka juga belum memiliki kemampuan fisik yang memadai untuk mengendarai sepeda motor dengan aman.

“Meskipun banyak orang tua yang merestui anaknya mengendarai motor dengan alasan agar anaknya lebih mandiri, tetapi hal ini justru dapat mendistorsi pertumbuhan mental altruitik menjadi egois dari anak tersebut yang muncul,” kata Vici.

Vici juga menyoroti alasan orang tua yang merestui anaknya mengendarai motor agar anaknya dapat disuruh keluar di kala mereka sedang sibuk. Menurutnya, hal ini menunjukkan bahwa orang tua tersebut tidak memiliki waktu yang cukup untuk mengurus anaknya.

“Orang tua seharusnya lebih memperhatikan pertumbuhan dan pembimbingan anak-anaknya dengan optimal sesuai usianya, dan sesuai hukum pula,” kata Vici.

Ia juga menyarankan para orang tua untuk memberikan alternatif kegiatan yang dapat menempa rasa kemandirian dan rasa peduli dengan orang lain, seperti kegiatan ekstra kurikuler di sekolah.

“Banyak kegiatan di ekstra kurikuler yang dapat menempa dan menimbulkan rasa kemandirian dan rasa peduli dengan orang lain,” kata Vici.

Baca Juga:  Gelombang Dukungan Usulkan Dr Kun Jadi Wamen Investasi

Vici mengajak para orang tua untuk lebih bijak dalam mengambil keputusan untuk merestui anaknya mengendarai motor. Ia menilai, kemandirian dan wawasan bukanlah alasan yang tepat untuk restui anak di bawah umur mengendarai motor.(Red)

Editor & Penerbit: Den.Mj

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *