Deklarasi dan Rakernas SWI ke I Sukses Digelar, Jadi Konstituen Dewan Pers Tahun 2022

Sorotrakyat.com | Bogor – Acara Deklarasi dan Rakernas SWI (Sekber Wartawan Indonesia) ke 1 (satu) 2022 – 2023 yang disponsori Bank Mandiri diikuti oleh seluruh DPW (Dewan Pimpinan Wilayah) dari Aceh hingga Papua, dengan pengurus DPD (Dewan Pimpinan Daerah) tingkat Kabupaten dan Kota seluruh Indonesia yang dihadiri para tamu undangan penting mulai dari Presiden, DPR RI, MPR RI, Panglima TNI dan Kapolri yang diwakili hiingga perwakilan Forkopimda serta mengundang Dewan Pers, digelar di Kinasih Resort & Conference, Kabupaten Bogor, pada Sabtu 23 Juli 2022.

Ketua Umum SWI, Maryoko Aiko, yang sejak sekolah sudah bergelut di bidang literasi dan jejak-jejak karyanya banyak tercatat di arsip berbagai media cetak dan media online. Dalam saat membuka Deklarasi dan Rakernas SWI ke I (satu) Maryoko Aiko, menyampaikan dua pesan penting terhadap peserta Deklarasi dan Rakernas SWI yang seluruhnya adalah jurnalis dari berbagai media cetak, elektronik dan online.

“Jurnalis atau wartawan, saya harap setiap membuat berita, karya jurnalisme haruslah berdasarkan kepada fakta dan nara sumber yang valid,” ujarnya.

Sambungnya, “Cek dan ricek diperlukan untuk menghasilkan karya jurnalisme yang berkualitas, independen dan bertanggung jawab,” kata Aiko.

“Karena ada spirit independen, maka ruang hak jawab baik dari nara sumber maupun obyek berita wajib diperlukan. Karena hak jawab dari sumber berita maupun obyek berita sama-sama dilindungi oleh UU Pers No.40 tahun 1999,” jelas Ketum SWI.

Dalam kesempatan tersebut Ketua Umum SWI, Maryoko Aiko juga menyampaikan kepada peserta Deklarasi untuk mempersiapkan segala hal baik itu sisi administrasi dan lainnya agar SWI bisa segera menjadi Konstituen Dewan Pers tahun ini.

“Target SWI akan menjadi konstituen Dewan Pers Tahun ini. Segala administrasi dan persyararatan sudah kita penuhi. Tinggal nanti DPP melakukan audiensi dengan Dewan Pers untuk menyerahkan dokumen dan persyaratan administrasi,” Pria kelahiran Wonogiri itu.

Diketahui bahwa Sekber Wartawan Indonesia memiliki pengurus di Wilayah, 28 DPW dan 67 DPD yang sudah mendapatkan SK dari DPP (Dewan Pimpinan

Dalam penutupan, Ketua Umum SWI memberikan apresiasi kepada Bank Mandiri sebagai partner dalam penyelenggaraan Deklarasi dan Rakornas SWI I. (Red)

Editor & Penerbit : Den.Mj

Exit mobile version